...

ASSALAAMU 'ALAIKUM WR.WB.



DI BAWAH INI ADALAH BEBERAPA CATATAN YANG SEMOGA BERGUNA. ADA JUGA POTO TEMAN-TEMAN SMA.
JUGA POTO KELUARGA/ SAUDARA. SEBELUM MEMBUKA ITU SEMUA ADA BAIKNYA KITA MENGAJI DAHULU.
SEKIAN DAHULU YA SOB TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGANNYA.

WASSALAAMU 'ALAIKUM WR.WB.




.


Aneka roti goreng.



6 Resep Roti Goreng Aneka Isi Empuk Mengembang Sederhana.


Resep Roti Goreng Enak Isi Coklat, Sosis, Sayuran, Keju, Serta Roti Tawar Goreng & Cara Membuat Adonan Roti Empuk Mengembang Mudah Dibentuk dan Tidak Mimpes Atau Kempes Dalamnya Bisa Untuk Dijual Kembali Lho. Bisa Menggunakan Mixer Atau tanpa Mixer Dan Tanpa Telur Tetapi Tetap Empuk, Enak dan Lezat. Sederhana, Mudah, Praktis dan Ekonomis. Roti ini merupakan salah satu jenis cemilan dari tepung yang populer dan banyak dijual di pasaran. Ternyata tidak sulit lho untuk membuat roti empuk walaupun dari bahan yang sederhana.

Sama seperti cara membuat cakwe ataupun cara membuat donat, cara membuat roti goreng ini juga sangat sederhana lho. Pada umumnya kan resep roti manis, roti tawar ataupun bread lainnya itu kan memerlukan oven. Tetapi tidak semuanya kebetulan punya oven sendiri dirumah bukan. Nah resep roti goreng isi coklat, wijen, sosis ataupun lainnya ini tidak membutuhkan peralatan tersebut lho. Paling hanya butuh mixer atau whisk untuk membuat adonan roti yang akan digoreng nantinya mengembang sempurna dan kalis. Jadi cukup praktis bukan untuk dipraktekkan dan dibuat sendiri di rumah.


Tips Membuat Roti Goreng Supaya Empuk Dan Tidak Bantat.

 Sama seperti membuat aneka adonan yang sudah pernah kita berikan sebelumnya, salah satu kunci penting untuk membuat adonan roti ini mengembang sempurna adalah fermipannya. Gunakan fermipan yang kualitas bagus dan masih aktif dengan daya mengempang sempurna. Selain itu adonan resep roti goreng, baik itu menggunakan mixer atau tanpa mixer harus kalis. Kalau memang ternyata setelah dicampur kelihatan adonan roti yang akan digoreng ini kelihatan lembek, teman teman bisa menambahkan atau menabur sedikit tepung supaya pas teksturnya.

Sebenarnya kalau sudah tahu rahasianya pasti sebagian besar kita akan menyukai kegiatan masak ataupun membuat makanan di dapur sendiri. Selain lebih menyenangkan dan bisa menghilangkan stress tentu akan sangat membantu mengurangi pengeluaran belanja setiap bulan bukan. Sama seperti cara membuat roti goreng, baik itu menggunakan adonan sendiri dnegan isi sayuran, coklat, wijen ataupun tanpa isian. Kalau sudah tahu rahasia membuat resep roti goreng yang menul menul, lembut dan empuk pasti ketagihan membuatnya sendiri di rumah.

Jangan lupa diamkan dahulu dan kalau perlu ditutup pakai kain basah supaya mengembang sempurna. Proses pembiaran atau didiamkan ini selama 2 sampai 3 kali lho, yaitu setelah kalis, setelah dipisahkan sesuai berat dan besarnya adonan yang akan dibuat dan terakhir setelah diisi dengan coklat, keju ataupun sayurannya. Untuk lebih jelasnya, silahkan melihat aneka resep cara membuat roti goreng tanpa mixer, menggunakan mixer dan aneka isi dibawah ini.

1. Resep Roti Goreng Sederhana Empuk Tanpa Telur Dan Mixer

Roti goreng empuk.Sebagai salah satu resep makanan rakyat yang banayk disukai orang, roti yang digoreng ini juga terbuat dari bahan bahan sangat basic dan dasar sekali. Bahkan kita bisa membuat resep roti goreng tanpa telur lho. Tanpa mixer dan tanpa telur tetapi mengembang dan empuk hasil rotinya setelah digoreng. Penasaran, yuk simak bahan dan cara membuat adonan roti goreng nya dibawah ini.


  • Bahan utama adalah tepung terigu segitiga biru kurang lebih sebanyak 500 gram.
  • Gula pasir sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 2 sendok makan saja.
  • Cake emulsifier SP atau TBM kualitas bagus kurang lebih sebanyak 1 sendok makan.
  • Mentega kualitas bagus kurang lebih sebanyak 3 sendok makan juga.
  • Garam dapur beryodium sedikit saja sesuai selera atau kurang lebih 1/2 sendok kecil.

Bahan Untuk Biang :


  • Fermipan kualitas bagus kurang lebih sebanyak 2 sendok kecil.
  • Gula pasir sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 2 sendok makan.
  • Air hangat hangat kuku secukupnya atau kurang lebih sebanyak 260 ml saja. Jangan terlalu panas, nanti tidak mengembang dan berbuih.

Bahan Tambahan :

Bahan Adonan :

  • Tepung Terigu kurang lebih sebnayak 50 gram.
  • Air bersih secukupnya sesuai kebutuhan.
  • Tepung panir secukupnya sesuai kebutuhan.
  • Abon, keju, nutella, coklat atau lainnya untuk isian secukupnya sesuai selera.
  1. Pertama ambil gelas kemudian beri air hangat bersama dengan fermipan dan gula paisr kemudian aduk aduk sampai rata, beritutup kemudian diamkan sampai berbuih sendiri selama kurang lebih 10 menit.
  1. Ambil wadah adonan kemudian tuang garam dapur, cake emulsifer, tepung terigu dan gula pasirnya kemudian aduk aduk sampai tercampur rata.
  1. Tuang air fermipan yang sudah berbuih diatas kedalam wadah tepung diatas kemudian aduk aduk kembali.
  1. Masukkan menteganya kemudian aduk aduk menggunakan tangan atau diuleni sampai tercampur rata kemudian tutup dengan kain sampai mengembang atau kurang lebih selama setengah jam.
  1. Setelah itu aduk aduk pakai tangan atau uleni sebentar saja (kalau perlu bisa diberi sedikit taburan tepung lagi, kalau tidak juga enggak apa apa) sampai rata.
  1. Bagi dan ambil adonan sesuai besar roti yang akan di masak (kurang lebih 25 gram sampai 40 gram) kemudian pipihkan dan beri isian kalau pakai sesuai selera.
  1. Bentuk kembali dengan rapi (mau bulat, lonjong atau terserah selera) kemudian diamkan kembali sebentar kurang lebih selama 5 menit.
  1. Aduk tepung terigu dan air buat celupan.
  1. Masukkan adonan yang sudah diisi tadi kedalam celupan kemudian gulingkan atau beri tepung panir. Ulangi sampai habis.
  1. Siapkan wajan dengan minyak dan api sedang, goreng sampai matang dan berubah warna. Jangan terlalu sering dibalik ya, cukup sekali saja supaya minyaknya tidak terserap terlalu banyak didalam rotinya.
  1. Tiriskan dan siap untuk disantap bersama anak anak dan suami.

Cara Membuat Roti Goreng Empuk.


2. Resep Roti Goreng Manis Spesial.

Roti goreng spesial sederhana.

Sebenarnya kalau kita mau, membuat cemilan roti yang enak dan sehat untuk keluarga itu tidak terlalu susah lho. Contohnya resep roti goreng sederhana ini yang empuk, enak dan menul menul teksturnya. Walaupun dibuat ala rumahan dengan bahan sederhana, tetapi kelembutan dan rasanya tidak kalah dengan brand roti yang sudah punya nama lho, seperti jco, bread talk dan lainnya. Selain itu kita bisa mengkreasikannya juga dengan isi coklat, isi nanas, isi sosis, isi sayuran atau lainnya sesuai selera.

  • Tepung Terigu segitiga kurang lebih sebanyak 50 gram saja.
  • Tepung terigu protein tinggi cakra kurang lebih sebanyak 450 gram.
  • Tepung sagu tani atau bisa juga menggunakan tepung tapioka kurang lebih sebanyak 40 gram saja.
  • Fermipan kualitas bagus kurang lebih sebanyak 2 sendok kecil.
  • Susu bubuk kualitas bagus kurang lebih sebanyak 50 gram.
  • Susu cair yang sudah dimasukkan ke kulkas dan didinginkan kurang lebih sebanyak 225 ml sampai 250 ml.
  • Gula pasir kurang lebih sebanyak 80 gram.
  • Telur ayam ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 2 butir.
  • Telur ayam diambil kuning nya saja sebanyak 1 butir. Putih telurnya jangan dibuang ya, untuk celupannya nanti.
  • Margarain kualitas bagus kurang lebih sebanyak 40 gram saja.
  • Butter kualitas bagus kurang lebih sebanyak 50 gram saja.
  • Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak sejumput saja.
Bahan Tambahan :
  • Putih telur untuk mencelupnya (sisa kuning telur diatas).
  • Tepung roti atau panir secukupnya sesuai kebutuhan.
  • Minyak secukupnya untuk menggoreng rotinya.
  • Ambil wadah kemudian masukkan tepung terigu cakra, segitigam tani, margarain dan semua bahan (kecuali susu) kemudian aduk aduk sampai menjadi satu dan rata.
  • Tuang susu cairnya sedikit demi sedikit sambil dikocok menggunakan mixer sampai menjadi kalis (susu kalau sudah cukup kalis tidak perlu dituang semua ya).
  • Setelah itu bulatkan dan kumpulkan adonan menjadi satu besar kemudian biarkan saja supaya mengembang selama kurang lebih 1/2 jam sampai 3/4 jam.
  • Setelah itu ambil adonan tadi secukupnya atau kurang lebih sebanyak 30 gram sampai 50 gram lalu bulatkan semuanya dan diamkan lagi selama kurang lebih 10 menitan.
  • Selanjutnya ambil adonan tadi dan bentuk agak lonjong atau bisa juga diberi isian sesuai selera kemudian bentuk dengan rapi.
  • Ulangi sampai adonan tadi habis dan biarkan kembali supaya mengembang lagi.
  • Setelah itu celupkan adonan di putih telur dan gulingkan di tepung panir sampai rata dan habis adonannya.
  • Siapkan wajan dengan minyak cukup banyak dan setelah panas goreng adonan roti tadi sampai berubah warna dan matang sempurna.
  • Tiriskan dan resep roti goreng siap untuk disajikan buat cemilan sehat keluarga.

Bahan Yang Dibutuhkan :

Cara Membuatnya :


3. Resep Roti Goreng Isi Coklat

Roti goreng isi coklat spesial.

Sama seperti roti sobek, resep roti goreng ini juga bisa kita modifikasi dan isi sesuai keinginan kita. Mungkin hari ini kita akan buat isi sosis, isi sayuran, keju ataupun resep roti goreng isi coklat. Kalau mau praktis, adonan diatas sebelum dibentuk bisa kita beri isian dark coklat yang sudha dipotong sesuai selera. Atau kalau enggak bisa kita isi selai coklat atau pasta coklat siap saji yang bisa kita beli dengan mudah kemudian dibentuk kembali dan digoreng sesuai kebutuhan.


4. Resep Roti Goreng Isi Sayuran.

Resep roti goreng isi sayuran.

Selain isi coklat, sosis, keju atapun selai lainnya, kita juga bisa membuat roti goreng dengan isi sayuran lho. Tentu dengan isi sayuran ini diharapkan bisa tercipta cemilan yang sehat dan bergizi untuk anak anak, suami dan keluarga lainnya. Cara membuat resep roti goreng sayuran ini sangat mudah kok. Teman teman bisa menggunakan atau memilih 2 resep dasar adonan roti diatas kemudian mengkombinasikan dengan sayurn rogout ayam, daging, bihun, telur ataupun lainnya sesuai selera.
  • Kentang dan wortel ukuran sedang kurang lebih 1 pcs saja. KUpas kemudian potong potong kecil bentuk dadu sesuai selera.
  • Bawang putih kurang lebih sebanyak 1 pcs. Kupas kemudain potong dan rajang.
  • Buncis, tauge atau sayuran lainnya sesuai selera dan kebutuhan.
  • Kaldu bubuk instan secukupmnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil saja.
  • Mentega kurang lebih sebanyak 1 sendok makan saja atau sesuai kebutuhan.
  • Bawang bombay ukuran sedang yang sudah dikupas dan dirajang kurang lebih sebanyak 1/2 pcs saja.
  • Gula pasir sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1 sendok makan.
  • Merica halus secukupnya sesuai selera.
  • Air bersih secukupnya sesuai selera.
  1. Pertama siapkan wajan dan beri margarinnya dan tunggu sebentar sampai cair.
  1. Masukkan irisan bawang bombay dan putih kemudian aduk aduk sampai harum.
  1. Masukkan potongan kentan dan wortelnya bersama dengan sedikit saja air bersih kemudian aduk aduk dan masak sampai layu.
  1. Masukkan gula pasir, kaldu instan dan mericanya kemudian aduk aduk kembali sampai berkurang dan menyusut airnya dan matang semua bahan.
  1. Isi sayur siap untuk dimasukkan ke adonan roto goreng sederhana atau spesial yang ada diatas.

Bahan Isian Roti Goreng Sayuran :

Cara membuat roti goreng sayuran :


5. Resep Roti Goreng Wijen.

Roti yang diselimuti wijen mungkin identik dengan onde onde atau cakwe wijen. Tetapi sebenarnya kita juga bisa membuat adonan roti goreng diatas dikombinasikan dengan taburan wijen disekelilingnya. Bahan dan cara membuat roti goreng wijen ini sangat mudah. Setelah adonan resep roti goreng diatas sudah selesai dipisahkan menurut besar kecilnya roti yang akan dibuat. Setelah itu dibentuk sesuai selera kemudian luarnya diolesi dengan sedikit air. Setelah itu adonan roti tadi digulirkan atau bisa ditaburi dengan wijen secara merata kemudian bisa digoreng dengan minyak panas sesuai kebutuhan.



6. Resep Roti Tawar Goreng Isi Sosis.

Roti tawar goreng sosis sederhana.

Selain membuat adonan dasar roti sendiri, kita juga bisa membuat roti goreng yang gurih, enak dan lezat dari roti tawar lho. Malah menggunakan roti tawar ini jauh lebih praktis dan cepat cara membuatnya. Yang penting gunakan roti tawar yang lembut. Kalau bisa roti putih yang tidak ada tepinya (kalau ada hilangkan tepinya dahulu supaya lebih enak). Isi nya pun bisa menggunakan sosis seperti yang akan kita buat ini atau sayuran, keju, coklat, meisis atau nutella coklat tergantung selera saja.

  • Roti tawar tanpa pinggiran secukupnya sesuai kebutuhan.
  • Sosis ayam ataupun sapi sesuai kebutuhan.
  • Mayonise kualitas bagus sesuai kebutuhan. Kalau enggak ada boleh tidak pakai.
  • Keju kualitas bagus sesuai kebutuhan. Bisa diparut kalau pakai mayonise atau dibiarkan berbentuk lembaran lalu digulungkan di sosis kalau enggak pakai mayonise.
  • Saus tomat dan saus sambal sesuai selera.
  • Minyak baru secukupnya.
Bahan Untuk Celupan :
  • Campuran tepung terigu dan air kekentalan sedang.
  • Tepung panir sesuai kebutuhan.
  1. Pertama siapkan botol atau rolling lainnya kemudian tekan dan pipihkan roti sampai habis.
  1. Olesi dasar roti dengan saus sambal atau tomat sesuai selera.
  1. Beri sedikit mayonise sampai rata kemudian beri sosis dan taburan keju diatasnya. Kalau tidak bungkus sosis dengan lembaran keju kemudian letakkan ditengah roti tawar tadi.
  1. Gulung dan tarik roti tadi dengan rapi sampai menyerupai botol dnegan rapi.
  1. Masukkan roti gulung tadi kedalam campuran tepung dan air (pencelup) kemudian gulungkan lagi diatas tepung panir sampai rata. Ulangi sampai habis.
  1. Siapkan wajan dan tunggu hingga minyak panas lalu masukkan roti dan goreng dengan api sedang hingga matang merata.

Bahan-bahan :

Cara membuat Roti Tawar Goreng :






Setelah melihat aneka resep roti goreng spesial yang kami berikan diatas, mana yang akan dicoba oleh teman teman terlebih dahulu? Untuk menghindari kebosanan memang sebaiknya 6 cara membuat roti goreng empuk dan lembut diatas dicoba untuk hidangan keluarga. Mau coba resep kue yang enak dan sederhana lainnya? Silahkan mencoba resep donat kentangresep martabak manisresep brownies kukusresep pudingkue cubit ataupun cara membuat seblak aneka rasa yang mantap dan super pedas.






1 komentar:

  1. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*c0M
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

    BalasHapus

Berikan komentar dengan sopan dan bijak serta sesuai dengan pembahasan artikel.
Terimakasih atas kunjungannya.